Super Junior (Suju atau SJ) adalah boyband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment sejak tahun 2005.
Super Junior awalnya memiliki 13 personil, yaitu %Leeteuk% (Park Jung Soo), Han Geng, Heechul (Kim Heechul), Yesung (Kim Jung Woon ), Kangin (Kim Young Woon), Shindong (Shin Dong Hee), Sungmin (Lee Sung Min), Eunhyuk (Lee Hyuk Jae), Donghae (Lee Donghae), Siwon (Choi Siwon), Ryeowook (Kim Ryeo Wook), Kibum (Kim Kibum) dan Kyuhyun (Cho Kyu Hyun).

Namun dalam perjalanan karirnya, saat ini Suju hanya menyisakan 9 personil aktif. Han Geng resmi mengundurkan diri setelah memiliki kasus dengan SM Entertainment, sedangkan Kibum lebih aktif di bidang akting. Kangin dan Heechul saat ini tengah menempuh wajib militer.

Masa training yang dialami setiap personil Suju berbeda satu sama lain. Hal ini disebabkan karena mereka dilahirkan dari audisi yang berbeda pula. Mayoritas personil ditemukan melalui audisi SM, hanya maknae Kyuhyun yang masuk paling akhir dan tidak menjalani masa training.

Suju debut tahun 2005 dengan merilis album “SuperJunior05” (2005). Mulanya boyband ini juga diberi nama SuperJunior05, sama dengan album pertamanya. Namun sejak masuknya anggota baru di tahun 2006, Kyuhyun, SuperJunior05 berganti nama menjadi Super Junior.

Bersama Kyuhyun, Suju merilis single berjudul “U” (2006). Single “U” mendapatkan respon positif dari masyarakat sehingga melahirkan sebuah fansclub yang dinamai ELF (Everlasting Friends). Sampai saat ini Suju sudah merilis lima album studio, yaitu “SuperJunior05” (2005), “Don’t Don” (2007), “Sorry Sorry” (2009), “Bonamana” (2010) dan “Mr. Simple” (2011). Berkat kelima album tersebut, Suju dinyatakan sebagai boyband yang memiliki nama terbesar di Asia dan sudah kenyang menyabet berbagai penghargaan, baik di Korea maupun Asia.

Suju memiliki beberapa sub-grup yang juga eksis di jagad musik Korea, yaitu Super Junior-T, Super Junior K.R.Y dan Super Junior-M (Super Junior-M). Super Junior-T dibentuk tahun 2008 dan memiliki enam personil yang merupakan personil tertua Suju. Super Junior K.R.Y, yang beranggotakan Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung, adalah sub-grup yang dibentuk berdasarkan karakter vokal terkuat di tubuh Suju. Mereka memperkenalkan diri ke publik tahun 2006. Sedangkan Super Junior-M dibentuk untuk memenuhi tuntutan pasar musik Cina dan terdiri dari personil gabungan dari Korea (Kyuhyun, Siwon, Donghae, Eunhyuk, Sungmin, Ryeowook) dan Cina (Henry Lau dan Zhou Mi). Super Junior-M memperkenalkan diri ke media pada 2008.

Secara teknis, hanya Super Junior-T yang diumumkan resmi debut di Jepang tahun 2008 dengan single “Rokuko”. Untuk Suju sendiri, walau tidak pernah menyebutkan diri resmi debut di Jepang, tapi mereka menyentuh pasar musik Jepang dengan bekal mini album “Bonamana” versi Jepang yang dirilis 8 Juni 2011. Single Jepang kedua Suju adalah “Mr.Simple” yang dirilis 7 Desember lalu.

Di industri hiburan Korea Selatan, Suju dikenal sebagai rajanya variety show dan iklan. Berbagai macam judul reality show yang pernah mengundang Suju untuk tampil di acara mereka. Masing-masing personilnya juga aktif membintangi serial dan film. Belum lagi puluhan iklan yang mereka bintangi, mulai dari parfum, elektronik, makanan, minuman, kosmetik, fashion hingga otomotif.

Sepanjang karirnya, Suju telah menggelar tur konser populer mereka, “Super Show”. “Super Show 1” atau “The 1st ASIA TOUR, Super Show” digelar tahun 2008-2009, setelah itu dilanjutkan dengan menggelar “Super Show 2” (2009-2010), “Super Show 3” (2010-2011), serta “The WORLD TOUR, Super Show 4” (2011-2012).

credit : wowkeren.com
reupload by : inezmooiELF
TAKE THIS WITH FULL CREDITS